620x350 Paul Baloche 02
Artikel » 12 Tips Menulis Lagu yang Kreatif (2) - Paul Baloche | 13 Feb 2013 - 07:09

12 Tips Menulis Lagu yang Kreatif (2) - Paul Baloche

Artikel berikut ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya. Klik ini untuk artikel sebelumnya.

 

7. Penyesuaian chord dengan lirik. Perhatikan dengan seksama pada kata-kata anda, apakah nuansa keseluruhan pesan Anda? Jenis chord seperti apakah yang diperlukan? Cobalah menempatkan chord yang tepat di bawah kata-kata kunci tertentu atau frase, misalnya:

• Sebuah 9 atau 6/9 untuk suatu hal yang menggambarkan keindahan

• Sebuah mayor 7th untuk hal yeng berhubungan dengan pemikiran yang damai dan tenang

• Sebuah triad tanpa nada ketiga (sebuah chord C5 atau G5) untuk Celtic, kualitas anthemic

• Sebuah iv atau "minor 6" untuk sessuatu dengan perasaan nostalgia

• Sebuah catatan bass sumbang alternatif untuk bagian yang menyenangkan

Lihat ide melodi seperti apa yang berhasil dikembangkan dari mereka. Kemudian lakukan berulang-ulang untuk menyempurnakan melodi Anda.

8. Menurunkan nada senar gitar anda. Ubah nada senar E rendah anda turun ke D dan bereksperimen dengan nada "D yang dijatuhkan". Atau menyetel senar E tinggi Anda turun setengah langkah dan setiap chord akan terdengar berbeda. E akan menjadi Emajor7, dan lain – lain. Ini dapat membuat suasana hati yang berbeda, penuh ide-ide baru. Mungkin mencoba menggunakan "capo yang dipotong."

9. Bermain dengan menggunakan rekaman. Apa yang anda cari adalah lompatan awalan - sesuatu untuk membawa Anda ke dalam sebuah genre dan sebuah perasaaan yang telah terbukti sukses. Setelah Anda telah bermain bersama untuk sementara waktu, matikan rekaman dan berimprovisasilah dengan diri anda sendiri. Anda mungkin menemukan sudut pandang dan materi baru keluar yang dari anda sekarang adalah sebenarnya diri Anda sendiri. Sesuatu yang mungkin memicu awal dari sebuah lagu. Tapi ketika Anda sudah selesai, dengarkan lagi rekaman untuk memastikan bahwa apakah anda mengerjakan dengan orisinal. Ingat meskipun, dalam semua upaya - jangan menciptakan melodi mekanik. Gunakan perangkat ini hanya sebagai titik awal dan membiarkan kreativitas anda sendiri mengambil alih. Ketika Anda bereksperimen, anda mungkin ingin mengaktifkan tape recorder dan melupakannya. Jika sesuatu yang baik datang,  anda mendapatkan itu. Jika tidak, Anda tidak akan kehilangan apa-apa.

10. Ambil waktu istirahat. Tenang. Jika anda telah bekerja keras untuk lagu anda dan ide-ide telah berhenti mengalir, anda mungkin telah membuat kreativitas anda bekerja dalam mode shutdown. Bergeraklah dan pikirkan tentang sesuatu yang lain, sesuatu yang menyenangkan yang tidak terlalu membuat anda berpikir. Sebuah sedikit R dan R benar-benar dapat menciptakan kembali kemampuan anda untuk berpikir dan memecahkan masalah. Ketika Anda kembali, anda mungkin memiliki terobosan. Saya sendiri kadang-kadang akan memotong rumput ketika saya terjebak dan bingung dengan beberapa ide saya.

11. Tidur dengan ide Anda. Ternyata benar-benar ada sesuatu dengan sebuah pepatah lama. Ada sebuah panggung di tepi tidur, datang atau pergi, di mana kreativitas kita dikatakan pada tertinggi. Tepat sebelum anda pergi tidur, pikirkan sebuah lagu yang sedang anda kerjakan dalam benak anda. Ketika anda bangun, periksa lagi dan melihat apakah sesuatu yang baru telah dikembangkan.

12. Berdoalah tentang ini. Kadang-kadang, bahkan meskipun telah melakukan upaya terbaik untuk memaksimalkan ide anda, anda masih tidak menemukan jalan keluar, dan jika anda menghadapi tenggat waktu, anda menyadari sedang berada dalam kesulitan. Itulah saat kita membutuhkan bantuan khusus tambahan dari Sumber kreativitas kita. (Tentu saja hal ini tidak berarti, "Tunggu sampai semuanya gagal, kemudian baru berdoa.")

Paul Baloche adalah salah satu seniman pujian dan penyembahan paling terkenal dan penulis lagu di generasi ini. Dua kali memenangkan Dove Award dan menjadi nominasi berkali-kali, dia artis pada standar radio termasuk "Because of Your Love," "Hosanna (Praise is Rising)," dan "Our God Saves,” dan penulis peringkat teratas lagu CCLI dan klasik-modern "Above All," "Open the Eyes of My Heart," “Glorious,” dan "Your Name." Paul telah melayani selama lebih dari 20 tahun sebagai pastor pujian dan penyembahan di Community Fellowship di Lindale, Texas.

Sumber: www.ChurchLeaders.com

Artikel diterjemahkan dan disunting oleh Tim Penyembah.Com

comments powered by Disqus